10 Istilah dalam Dunia Jaringan

10 istilah dalam jaringan :



 · Internet

  Internet (Interconnection Network) adalah seluruh jaringan komunikasi yang menggunakan media elektronik, yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

 · LAN (Local Area Network)

  LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, sekolah dan rumah.

 · WAN (Wide Area Network)

  WAN merupakan jaringan yang mencakup area yang besar sebagai contoh jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan salurah komunikasi publik. 

 · Topologi Jaringan

  Topologi jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. 

 · Server

  Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan processor yang bersifat scalabe dan RAM yang besar, juga dengan dilengapi  sistem operasi khusus yang disebut dengan sistem operasi jaringan.

 · Router

  Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuanya, melalui proses penghalaan. Proses penghalaan terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protokol) dari protokol tumpukan (stack protocol) tujuh-lapis OSI. 

 · Ip Address

  Ip address merupakan suatu deretan angka biner yang disusun dengan kisaraan antara 32 bit sampai dengan 128 bit dan digunakan sebagai alamat identifikasi pada masing-masing komputer. Dalam ilmu jaringan komputer penggunaan angka dengan 32 bit dipakai pada Ip Address khusus versi IPv4 dan 128 bit untuk versi IPv6.

 · MAC Address

  MAC Address (Media Access Control Address) merupakan sebuah kode unik yang diberikan untuk tiap bagian perangkat keras yang terhubung ke jaringan internet, misalnya NIC Card, router dan perangkat lainnya.

 · TCP/IP (Transmission Control Protocol)

  TCP/IP merupakan gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju.

· NIC (Network Interface Card)

  NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke jaringan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar